Thursday, February 12, 2009

Tips SEO Paling Berhasil

Banyak rekan blogger yang mencari cara menaikkan peringkat pada Seach Engine atau paling tidak, masuk kedalam list pencarian Search Engine. Berbagai Tips SEO (Search Engine Optimization) dicoba. Berbagai petunjuk cespleng telah dilakukan. Kadang, berbagai proses improvement ini justru melupakan satu hal mendasar, yaitu perbanyak content blog anda.

Tips SEO tidak ada masalah dicoba dan dijalankan, namun, tanpa isi blog yang variatif, tips SEO semanjur apapun akan berkurang khasiatnya. Bagi rekan-rekan yang baru memulai membuat blog atau mencari cara terindeks oleh Search Engine, cobalah perbanyak isi blog.

Jangan bebani dulu dengan membuat blog yang berkonsentrasi pada satu niche market. Pada spesialisasi tertentu. Spesialisasi atau konsentrasi pada niche market memang bagus, namun, jika tidak terbiasa menulis, hal ini justru bisa membebani kegiatan menulis isi blog.

Tulis saja apa yang ingin anda tulis, meski itu sepertinya narsis dan terasa 'sangat pemula'.

Rekan-rekan yang menyempatkan diri melihat catatan pengunjung blog kadang menemukan data bahwa pengunjung belum tentu datang karena isi yang khusus melainkan karena isi yang selintas saja. Banyak rekan yang blognya dikunjungi hanya karena pernah ada satu posting tentang MP3. Ada juga yang dikunjungi karena pernah menulis tips anti virus. Blog saya sendiri pernah dikunjungi melalui search engine dengan key "poligami" padahal artikel tentang poligami hanya 1 posting dan itupun berupa humor. Beberapa pengunjung malah datang dengan kata kunci pencarian "ikan air tawar" hanya karena ada entry tentang ikan air tawar raksasa di blog saya :-).

Yang lebih aneh, ada pengunjung blog saya yang datang dari seach engine dengan kata kunci "skripsi kasus kecelakaan lalulintas". Saya tidak pernah menulis tentang kecelakaan lalulintas kok. Kemungkinan besar pengunjung datang karena kata kunci "skripsi"-nya.

Jadi, sebelum melakukan teknik SEO yang canggih, lakukan dulu hal mendasar dari SEO, yaitu membuat isi blog yang variatif. Jika blog anda hanya berisi puluhan atau bahkan belasan artikel saja, Search Engine tentu cepat bosan dan malas untuk datang, apalagi kalau posting yang ada justru copy paste dari blog atau website lain...
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips SEO Paling Berhasil"

 
seo Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template